Menjadi mahasiswa itu luar biasa, punya jabatan tertinggi dibandingkan peserta didik lainnya.Namanya aja Maha-siswa, tapi jangan bangga dulu , karena tanggung jawab yang paling besar itu menjadi mahasiswa. Kalau cuma sekedar KUliah PUlang-KUliah PUlang tidak ada gunanya, mendingan KUliah RApat-KUliah RApat lebih bermanfaat. Menjadi mahasiswa tidak sekedar mahasiswa saja, melainkan haruslah menjadi mahasiswa idaman. Mahasiswa idaman adalah mahasiswa yang mampu menjadi panutan dan dipandang baik oleh orang banyak.Nah, ada beberapa tips untuk menjadi mahasiswa idaman, yuk simak.

  1. Cerdas

Jangan hanya cerdas memilih teman dan pasangan hehe.. tetapi cerdas dalam hal akademik, baik didalam maupun diluar akademik seperti cerdas di lapangan, cerdas dalam bermasyarakat ,dan cerdas dalam memecahkan masalah serta memberikan solusi serta mampu memberikan aura positif di kelas. Seorang mahasiswa idaman harus mampu menuangkan ide-idenya sehingga orang lain maupun mahasiswa itu sendiri dapat memecahkan permasalahan dengan cerdas.

  1. Bertutur kata baik

Hal yang paling penting dalam komunikasi adalah tutur kata.Tutur kata yang baik maka akan mudah dipahami oleh lawan bicara. Berwibawalah dalam bertutur kata, banyak orang bilang cara bicaramu menggambarkan pribadimu. Mahasiswa harus memiliki tutur kata yang baik, apalagi jika berkomunikasi dengan dosen, salah bicara bisa jadi salah kaprah dehh.

  1. Bertata krama

Tidak hanya tutur kata aja nih, tetapi tata krama juga. Mahasiswa idaman harus mampu menyesuaikan sikap sehari-hari dengan sikap di kampus. Kalau di kampus tidak bisa seenaknya bersikap seperti diluar kampus karena di kampus lebih dijaga etika dan tingkah lakunya. Di kampus bukan orang-orang biasa yang dihadapi tetapi orang-orang berpendidikan, makanya etika dan tutur kata harus dijaga.

  1. Berpenampilan menarik

Meskipun tidak seperti jenjang pendidikan umum lainnya yang menetapkan pakaian tertentu pada jadwal tertentu, pada jenjang perguruan tinggi menetapkan pakaian bebas asal sopan. Bebas bukan berarti seenaknya juga nih. Tentunya berpenampilan bebas tapi menarik supaya bagus dipandang dosen dan mahasiswa lain.

  1. Aktif

Mahasiswa aktif adalah mahasiswa yang tidak hanya pandai didalam kelas tetapi juga diluar kelas, seperti berorganisasi. Dalam berorganisasi bisa menuangkan ide, pendapat, bakat, dan potensi yang lainnya. Dengan berorganisasi mahasiswa bisa bersosialisasi dengan orang lain dan saling bertukar pikiran. Mahasiswa yang aktif berorganisasi tentu dikenal banyak orang dan mudah berbaur dengan orang lain.

  1. Taat ibadah

Nah yang ini nih religiusnya.

Mahasiswa idaman harus taat ibadah loh karena apapun yang dilakukan landasannya tetap agama.Agama apapun tetap mewajibkan umatnya untuk beribadah, mahasiswa idaman sudah tahu bagaimana caranya beragama yang baik dikalangan masyarakat. Menjadi mahasiswa adalah masa menuju pribadi yang lebih dewasa sehingga harus berlandaskan iman dan agama.

  1. Disiplin

Mahasiswa idaman tentu bersikap disiplin. Menggunakan kesempatan dan waktu kosong sebaik-baiknya dengan kegiatan yang bermanfaat, sehingga tidak ada waktu dan kesempatan yang terbuang sia-sia. Mahasiswa juga harus pandai membagi waktu belajar, waktu bersantai, dan waktu dengan orang-orang tersayang.

Penulis: Riky Nelvia Destriani mahasiswa semester dua Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jambi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here